Pengelolaan lele dengan system bioflok kolam terpal lele sangkuriang

Cara Budidaya Lele Sangkuriang Dengan Kolam Terpal

Banyak orang menekuni bisnis ternak lele karena pendapatan yang sangat menguntungkan. Banyak sekali lele yang dijual di pasaran karena masyarakat banyak mencari ikan tersebut untuk dimasak dan di jual dengan harga murah. Salah satu lele yang banyak di budidayakan dan terkenal adalah lele sangkuriang. Lele sangkuriang adalah jenis lele hasil perbaikan genetik. Banyak permintaan dari orang – orang terhadap ikan sangkuriang ini karena kualitas ikan ini sangat baik.

Budidaya ikan lele sangkuriang juga telah terkenal di indonesia karena dalam pembudidayaannya sangat mudah dan tidak membutuhkan biaya banyak. Di tambah banyak masyarakat yang juga menyukai makanan lele. Dengan ini budidaya ikan lele sangkuriang menjadi peluang usaha yang menggiurkan. Bagi anda yang ingin budidaya ikan lele sangkuriang, anda bisa menggunakan media kolam apa saja. Dan jika ingin lebih simple, maka anda bisa menggunakan kolam terpal sebagai media budidaya ikan lele sangkuriang.

Keunggulan Lele Sangkuriang

  1. Hasil panen lele sangkuriang terbilang sangat tinggi
  2. Panen ikan sangkuriang sangat cepat dan dapat berdampak pada siklus panen yang berkelanjutan
  3. Induk lele sangkuriang dapat bertelur 40.000 – 60.000 butir telur dalam sekali pemijahan. Dan telur lele sangkuriang dapat menetas di atas 90% karena daya menetas telurnya sangat tinggi.
  4. Kualitas daging lele sangkuriang sangat baik karena dagingnya mempunyai tekstur lebih padat dan empuk, serta kandungan lemaknya sangat minim dan dapat menghasilkan daging yang gurih dan renyah.
  5. Lebih tahan terhadap penyakit karena semua jenis lele memiliki lendir yang melapisi kulitnya, termasuk lele sangkuriang. Lendir yang melapisi kulitnya berguna untuk melindungi kulit dan tubuhnya terhadap serangan penyakit.
  6. Teknik budidaya ikan lele sangkuriang tidak terlalu rumit karena budidaya lele tidak harus mengganti air secara rutin. Cukup ketika kualitas air berubah saja. Pasalnya penggantian air akan mengubah kualitas air ideal bagi lele sangkuriang.

Cara Budidaya Lele Sangkuriang Dengan Kolam Terpal

  1. Membuat Kolam Terpal Lele Sangkuriang

Buat kolam terpal dengan ukuran sesuai kebutuhan anda. Atau anda ingin menggunakan kolam terpal dengan ukuran yang umum digunakan seperti 4 x 6 ukuran 3 x 4. Setelah selesai membuat kolam terpal, cuci terpal kemudian sikat sampai bersih. Setelah kolam terpal besih keringkan selama 1 hari dan kemudian isi dengan air sebanyak setengah kolam dan diamkan selama 5 hari.

  1. Bibit Ikan Lele Sangkuriang

Dalam topik ini, anda harus pintar dan cermat dalam pemilihan bibit benih lele. Anda dapat memilih benih lele yang berukuran 5 – 7 cm. Benih lele yang berkualitas baik memiliki ciri – ciri, mempunyai tubuh yang seimbang pada bagian kepala dan badan. Ikan lele yang berkualitas baik tidak akan mengantungkan tubuhnya atau berdiri ketika di dalam air. Lele yang berkualitas baik juga dapat di amati atau di lihat melalui ke agresifannya.

  1. Pemberian Pakan Lele

Ikan lele adalah hewan noktural atau hewan yang aktif di malam hari. Anda bisa memberikan pakan 3 – 4 kali ketika pagi hari, siang hari, sore hari,dan malam hari. Tetapi pada saat pagi hari dan sore hari pemberian pakan harus lebih banyak. Pakan yang harus di berikan adalah pelet, untuk memperoleh harga murah kita bisa membeli satu sak pelet seberat 50 kg.

Anda juga dapat membuat pakan alternatif sendiri untuk mendapatkan harga yang murah. Pastikan pakan yang anda buat sendiri adalah pakan tinggi vitamin dan protein. Namun, kami sarankan jangan terlalu sering memberikan pakan alternatif apalagi dengan jumlah yang sangat banyak karena dapat berakibat buruk pada lele anda.

  1. Masa Panen Ikan Lele Sangkuriang

Budidaya ikan lele sangkuriang hanya membutuhkan waktu 2 – 3 bulan untuk panen. Ketika waktu panen pakailah peralatan untuk memanen yang berbahan licin dan halus agar kualitas lele tetap baik, karena jika anda tidak menggunakan bahan yang licin dan halus dapat menyebabkan lecet pada ikan lele.

Informasi tambahan, untuk benih уаng di tabur pada ukuran 5 – 8 cm dalam waktu pemeliharaan 130 hari sudah dapat di panen dalam bobot 200 hingga 250 gr/ekor. Tetapi bіаѕаnуа ada Lele Sangkuriang уаng memiliki pertumbuhan sangat cepat dаrі ikan lainnya. Jadi, secara berkala misalnya satu bulan sekali, lele sangkuriang harus di pisahkan berdasarkan ukuruannya. Hal іnі di lakukan agar ikan уаng pertumbuhannya lebih lambat tіdаk kalah bersaing saat mengkonsumsi makanan. Sеlаіn іtu ikan уаng pertumbuhannya cepat bіѕа dipanen dalam waktu уаng lebih cepat.

Sangat mudah bukan, budidaya ikan lele sangkuriang. Berbeda dengan ikan lain yang cukup rumit untuk melakukan budidaya. Selain mudah, anda juga bisa mendapatkan keuntungan besar karena ikan lele sangkuriang banyak peminatnya karena kualitas dagingnya sangat baik.

Baca juga : Cara Budidaya Lele Dengan System Bioflok Dengan Kolam Terpal Bulat


Anda Butuh Kolam Terpal Dengan Kualitas OK Harga Damai? Order di Prassterpal.com sekarang juga. Informasi harga kolam terpal silakan klik tautan pada foto dibawah ini :

daftar harga kolam terpal prassterpal

Temukan juga kami di

bukalapak kolam terpal siap pakai tokopedia jual kolam terpal siap pakai

Comments are closed.