4 Metode Budidaya Ikan Lele Yang Populer Di Indonesia

Metode Budidaya Ikan Lele

Banyak orang yang bilang bahwa budidaya ikan lele itu termasuk mudah. Sebab ikan lele mampu hidup di air yang keruh sekalipun. Namun nyatanya banyak peternak ikan lele pemula yang mengeluh tentang sulitnya budidaya ikan lele. Alhasil banyak yang mencari-cari informasi mengenai metode budidaya ikan lele yang paling mudah dan efisien.

Jika mau mendata sebenarnya banyak sekali metode yang bisa digunakan untuk memelihara ikan lele. Mulai dari metode yang paten dan metode yang dinamai sendiri oleh peternak lele.

Red Water System (RWS), Green Water Syster (GWS), Natural Water System (NWS), Bioflok, RAS, Budikdamber, Boster dan lainnya adalah beberapa contoh metode budidaya ikan.

Mengapa Harus Ada System?

Dalam budidaya ikan lele atau ikan lainnya, harus ada sistem yang mengawal proses budidaya. Sebab jika tidak dikawal menggunakan sebuah system dikhawatirkan para peternak atau pembudidaya ikan bisa mengalami kerugian.

Maka dari itu, dalam sebuah sistem budidaya selalu dijelaskan secara rinci mulai dari persiapan hingga panen. Dan beberpa hal yang umumnya perlu menjadi perhatian adalah sebagai berikut :

Penyiapan Air Sebelum Tebar Bibit

Dalam sistem apapun umumnya sebelum bibit ditebar air selalu di treatment terlebih dahulu. Tujuannya biar air mengandung nutrisi yang diperlukan ikan pada saat pertama ditebar. Bisa juga agar ikan tidak kaget saat ditebar dan beberapa alasan lainnya.

Dan berbeda sistem yang diterapkan tentunya berbeda juga perlakukan pada saat menyiapkan air sebelum tebar bibit. Setelah air matang atau siap digunakan barulah masuk ke tahap berikutnya.

Pengelolaan Atau Pemeliharaan Ikan Sampai Panen

Disini banyak hal yang biasanya membuat para peternak pemula bingung hingga muncul banyak sekali pertanyaan karena menemui masalah ketika sampai ditengah – tengah memelihara ikan. Bahkan beberapa peternak pemula sering menanyakannya di awal.

Beberapa pertanyaan itu seperti :

Dan masih banyak pertanyaan yang lainnya.

Nah, dengan menerapkan metode budidaya ikan lele dengan baik, maka pertanyaan – pertanyaan diatas bisa dijawab dan masalah bisa terselesaikan, tentunya dengan metode sesuai dengan sistem yang diterapkan.

Kesimpulannya, dengan menerapkan prosedur yang di ada dalam sistem budidaya yang diterapkan, entah sistem apapun itu, maka proses budidaya ikan bisa dilakukan secara terukur dan resiko kerugian bisa minimalkan. Dan supaya ikan lele bisa cepat besar dan bisa dipanen lebih cepat.

Kembali metode budidaya ikan lele. Khusus di Indonesia cara budidaya ikan lele yang populer diantaranya adalah NWS, Bioflok, Budikdamber dan RAS. Berikut sedikit pembahasannya.

4 Metode Budidaya Ikan Lele Terpopuler Di Indonesia

Natural Water System (NWS), Budidaya Lele Yang Cocok Untuk Kerjaan Sampingan

Metode budidaya lele yang pertama ini diciptakan berdasarkan pengalaman yang cukup lama oleh pelaku utamanya. Dan metode ini juga terinspirasi oleh keluhan beberapa peternak ikan lele yang kurang bisa menangani lelenya dengan baik sebab mempunyai pekerjaan yang lebih dari satu.

Jadi bagi Anda yang memliki banyak perkejaan dan ingin memiliki pekerjaan sampingan sebagai pembudidaya ikan lele, maka metode Natural Water System ini bisa menjadi pilihan yang tepat karena tidak memerlukan perawatan yang intensif.

Untuk tata cara selangkapnya bisa dibaca di Natural Water System Lele, Sukses Meski Hanya Bisnis Sampingan

Bioflok, Metode Budidaya Lele Yang Memanfaatkan Senyawa – Senyawa yang Ada Pada Air Kolam

Metode budidaya lele yang cukup populer selanjutnya yaitu Bioflok. Di Indonesia, metode yang satu ini cukup banyak peminatnya.

Secara ringkas teknik ini adalah teknik yang memanfaatkan nitrogen anorganik yang dikonversi menjadi nitrogen organik yang tidak berbahaya baik ikan khususnya ikan lele. Nitrogen organik inilah yang nantinya bisa menjadi pakan lele alami yang pada akhirnya bisa menekan biaya untuk kebutuhan pakan lele.

Sangat menguntungkan bukan?

Untuk tata cara lengkap bisa Anda baca pada artikel Cara budidaya lele sistem bioflok pada kolam terpal bulat

Recilculation Aquaculture System (RAS), Sistem Budidaya Yang Cocok Diterapkan Di Daerah Yang Sulit Air

Metode budidaya ikan lele yang ketiga ini sangat cocok terapkan di daerah yang kesulitan air. Sebab dengan air yang disirkulasikan kembali peternak lele bisa menggunakan air secara berulang-ulang tanpa perlu ganti air.

Konsep sederhana yang diterapkan oleh sistem ini adalah memanfaatkan kembali air yang digunakan sebagai media pembesaran ikan lele secara berulang-ulang dengan mengendalikan beberapa indikator kualitas air agar air tetap dalam kondisi yang prima dan baik untuk ikan lele.

Dan secara lengkap proses budidaya lele sistem ras sudah dibahas dalam artikel Budidaya Lele Sistem Ras Hemat Air dan Menguntungkan

Budikdamber, Cara Budidaya Lele Di Ember Yang Bisa Di Kombinasikan Dengan Aquaponik 

Teknik budidaya lele yang terakhir ini adalah teknik yang akhir-akhir ini sedang banyak digandrungi oleh pembudidaya lele. Khususnya mereka yang masih pemula.

Teknik budidaya yang memakai ember sebagai media pembesaran ini dinilai lebih praktis, ekonomis, dan bisa di pakai untuk skala rumah atau rumahan.

Praktis dan ekonomis karena bisa diterapkan di lahan yang sempit sekalipun dan dengan modal yang kecil karena hanya dengan media ember saja.

Meskipun beberapa ada yang mengganti media ember dengan tong ataupun drum.

Itulah 4 metode budidaya ikan lele yang bisa Anda terapkan ketika memelihara ikan lele.

Pertanyaan

Dari ke 4 metode yang sudah dijabarkan diatas metode mana yang terbaik?

Jawaban

Metode yang terbaik adalah metode yang diterapkan dengan benar sesuai juknis metode tersebut. Buka hanya di angan – angan.

Jadi metode budi daya apapun yang nanti akan Anda terapkan dan dengan media apapun entah itu kolam terpal, kolam tanah, kolam beton, kolam fiber, empang atau yang lainnya. Dan entah itu untuk kebutuhan lele konsumsi ataupun indukan kami hanya bisa mendoakan semoga Anda bisa sukses.


Anda Butuh Kolam Terpal Dengan Kualitas OK Harga Damai? Order di Prassterpal.com sekarang juga. Informasi harga kolam terpal silakan klik tautan pada foto dibawah ini :

daftar harga kolam terpal prassterpal

Temukan juga kami di :

bukalapak kolam terpal siap pakai tokopedia jual kolam terpal siap pakai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *